PEMERINTAH KABUPATEN PELALAWAN MENDAPAT PERINGKAT KEDUA ANUGERAH BUDHIPRAJA TAHUN 2017

PEMERINTAH KABUPATEN PELALAWAN MENDAPAT PERINGKAT KEDUA ANUGERAH BUDHIPRAJA TAHUN 2017

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-22 yang dipusatkan di Kota Makassar, 10 Agustus 2017, dengan tema: “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan”, Kemenristekdikti melalui SK No 198/M/KPT/2017, akan memberikan apresiasi berupa Anugerah Karya Iptek dan Inovasi Nasional sebagai salah satu rangkaian acara.

Tujuan penyelenggaraan Penganugerahan Karya Iptek dan Inovasi Nasional 2017 adalah untuk mendorong peningkatan kemampuan iptek yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia.

Kabupaten Pelalawan masuk kategori 5 (lima) besar dalam Anugerah IPTEK 2017 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam kategori Budhi Praja. 

Anugerah Budhipraja tahun 2017  diserahkan langsung oleh Menteri Ristekdikti Prof. H. M. Nasir, Ph.D.Ak , sebelumnya dibuka  oleh  Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bupati Harris  adalah satu-satunya Kepala Daerah  penerima Anugerah dari Kabupaten dan Kota Se Provinsi Riau dimana Kabupaten Pelalawan masuk dalam peringkat kedua,  dibawah Kabupaten Sragen yang berada  di Peringkat Pertama dan mengungguli Kota Malang di Peringkat Ketiga.

Pemberian penghargaan ini dilakukan dalam beberapa tahapan yang diawali dengan seleksi terhadap Kabupaten/Kota di Indonesia untuk kemudian ditetapkan 5 Besar. Masuk dalam 5 Besar ini adalah Kabupaten Bogor, Kota Cimahi, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten  dan Kabupaten Sragen.

Pemkab Pelalawan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam mencapai target Pelalawan Emas dan Indonesia Emas, salah satunya peningkatan teknologi di seluruh Sistem yang ada seperti Pelalawan menuju Smart City maupun Pembangunan Kawasan Tekhno Park sebagai Kawasan Industri Berbasis Teknologi,

Kelima finalis ini melakukan presentasi dan pengujian oleh Dewan Juri yang dibentuk secara independen oleh Kementerian Ristekdikti. Pelalawan satu-satunya Kabupaten/Kota di luar jawa yang masuk 5 besar,” ujarnya ‎

‎Usai menerima anugerah,Bupati Pelalawan H.M.Harris kepada awak media mengatakan ‎

p‎enghargaan ini diberikan atas kesungguhan Kabupaten Pelalawan dalam mengembangkan budaya inovasi, pembangunan infrastruktur serta suprastruktur teknologi  inovasi, peningkatan SDM di daerah dalam mengadopsi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi. Mantan Ketua Adkasi ini  mengucapkan terima kasih kepada BPPT yang telah mendampingi Pemkab Pelalawan selama ini.  Bupati dua periode ini juga menyampaikan bahwa penerimaan anugerah ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah  dan Masyarakat Pelalawan untuk terus menggiatkan pengembangan inovasi dan teknologi di daerah yang diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi daerah. ‎Bupati Pelalawan mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang telah bersama sama  mewujudkan visi pembangunan di Pelalawan melalui pendekatan penguatan sistem inovasi. “ Imbuhnya.

Selain anugerah Budhipraja, juga ada anugerah Budhipura diberikan kepada pemerintah provinsi atas prestasi dalam pembinaan kabupaten dan kota. AnugerahBudhipura diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Peringkat I, Provinsi Sumatera Selatan sebagai Peringkat II dan Pemerintah Provinsi Riau sebagai Peringkat III.‎ Tampak mendampingi Bupati Harris yaitu Kepala Bappeda Ir.  M.Syahrul Syarif dan Kepala Balitbangda Ir.Arizal.

Kategori
:
Inovasi dan Teknologi
Tanda :
BALITBANGDAInovasiTeknologiOPD PelalawanBupati PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share