PARIPURNA II KOORDINASI SISTEM INOVASI DAERAH (SIDA) KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2018

PARIPURNA II KOORDINASI SISTEM INOVASI DAERAH (SIDA) KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2018

Pangkalan Kerinci, Selasa 11 Desember 2018, bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja, Bapak Bupati Pelalawan H.M. Harris telah membuka Paripurna II Koordinasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Pelalawan yang didampingi oleh Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi Material (TIEM) Ibu Prof. Dr. Eniya Listiani Dewi, D.Eng, M. Eng, Kepala Pusat Promosi dan Pengembangan Kapasitas Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. M. Firdaus dan Kepala Balitbangda Kabupaten Pelalawan, Ir. Arizal, M.Si. 

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Paripurna II ini diikuti Tim Koordinasi SIDa, Kepala OPD, Camat,  Tim Pokja SIDa, Sekolah Tinggi Teknologi  Pelalawan (STT Pelalawan), Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia (ASKASINDO) Kabupaten Pelalawan dan Stakeholder lainnya.

Dalam Sambutan Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi Material, dalam rangka persaingan global masing-masing daerah agar melakukan inovasi, hal ini sejalan dengan Nawacita dari Presiden RI.

Selanjutnya Bupati Pelalawan dalam sambutannya menyatakan bahwa inovasi ini merupakan salah satu pertimbangan dalam melakukan promosi dan mutasi jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan karena Inovasi ini merupakan satu nafas yang tidak terpisahkan dengan RPJMD Kabupaten Pelalawan. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pelalawan menyampaikan laporan capaian penguatan Roadmap SIDa Kabupaten Pelawan periode 2017 – 2018, hasil pengukuran Radar Inovasi Daerah (RIDa) Tahun 2018 terhadap 5 (lima) Pilar Klaster Pengembangan SIDa. Dijelaskannya bahwa  tahun 2018 secara umum setiap Klaster telah mengalami peningkatan nilai dibandingkan dengan hasil pengukuran RIDa tahun 2015. Total nilai capaian tahun 2015 : 3,7 sedangkan tahun 2018 : 5,2. 
Kemudian juga disampikannya, ada tiga Anugerah Inovasi yang diberikan oleh 3 kementerian / Lembaga Negara, ketiga penghargaan tersebut telah diraih oleh Kabupaten Pelalawan, yakni:

  1. Anugerah IPTEK Budhi Praja yang diserahkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-22 di Makassar tahun 2017, Kabupaten Pelalawan mendapat peringkat ke-2 Nasional,
  2. Anugerah Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2018 di Jakarta, dan 
  3. Anugerah Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta Tahun 2018,  Kabupaten Pelalawan memperoleh Peringkat ke- 2 Nasional dari 44 Kabupaten/Kota dengan Kategori Kabupaten Perbatasan yang sangat Inovatif.

Adapun rangkaian acara Paripurna II Koordinasi SIDa Tahun 2018 secara lengkap adalah :

  1. Hari pertama (Selasa, 11 Desember 2018) ;
    • Keynote speech dari kepala BPPT yang disampaikan oleh Deputi Kepala BPPT bidang TIEM
    • Arahan Bupati Pelalawan H.M. Harris
    • Laporan capaian Penguatan Roadmap SIDa Periode 2017- 2018 oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Pelalawan
    • Paparan  Direktur Pusat Teknologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi BPPT oleh Dr. Ir. Iwan Sudrajat, M.SEE
    • Paparan Kepala Pusat Promosi dan Pengembangan Kapasitas Inovasi LAN oleh  Dr. M. Firdaus
    • Pengantar Rapat Pokja SIDa oleh Pejabat Fungsional Perekayasa Ahli Madya BPPT Ir. Atang Sulaeman, M.Si 
  2. Hari Kedua (Rabu, 12 Desember 2018;
    • Rapat Pokja SIDa didampingi Fasilitator Tenaga Fungsional Perekayasa Ahli Madya dari BPPT dengan agenda :
    • Review dan Evaluasi Rencana Aksi 2018 yang diikuti oleh anggota pokja SIDa  (Pokja Ekosistem Inovasi Daerah, Pokja Pengembangan Klaster Industri, Pokja Pengembangan Jaringan Inovasi, Pokja Pengembangan Teknopreneur dan  Pokja Tematik) dan 
    • Ekpose hasil rapat dari masing – masing pokja.

Kategori
:
Inovasi dan Teknologi
Tanda :
BALITBANGDAInovasiTeknologiOPD PelalawanBupati PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share