BUPATI SERAHKAN PIAGAM PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG PENILAIAN INOVASI DAERAH KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2023

BUPATI SERAHKAN PIAGAM PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG PENILAIAN INOVASI DAERAH KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2023

Sesuai dengan strategi, arah kebijakan dan program   pembangunan   daerah   pada   Peraturan   Daerah   Kabupaten Pelalawan Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2021-2026 untuk mewujudkan tata kelola dan layanan pemerintahan yang humanis (good public services) dan untuk mewujudkan satu perangkat daerah satu inovasi setiap  tahun  dengan  Slogan  “ASOI”  (Ambo  Sonang  Inovasi),  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pelalawan menyelenggarakan   Kegiatan   Penilaian   Inovasi   Daerah   Tahun   2023. Penilaian tersebut dibagi ke dalam 5 (lima) kategori yaitu: 1.kategori dinas/badan; 2.kategori kecamatan; 3.kategori desa; 4.kategori puskesmas; dan 5.kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penilaian inovasi ini dimulai dengan melakukan inventarisasi inovasi yang dilakukan oleh Petugas Pendamping Inovasi Daerah Kabupaten Pelalawan dengan datang keseluruh perangkat daerah yang masuk kategori tersebut.

Perangkat daerah yang telah melakukan dan menerapkan inovasi kemudian dilakukan  pendampingan  untuk  melengkapi  dokumen-dokumen  sebagai bukti dukung inovasi yang dilakukan. Dokumen sebagai bukti dukung inovasi  tersebut  yang  kemudian  dinilai  untuk menentukan kematangan inovasi. Inventarisasi inovasi pada tahun 2023 ini berhasil menjaring setidaknya 180 inovasi pada perangkat daerah se-Kabupaten Pelalawan. Dari jumlah tersebut dilaporkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri sebanyak 67 inovasi dengan nilai kematangan tertinggi untuk dapat menilai Indeks Inovasi Daerah (IID) Kabupaten Pelalawan Tahun 2023. Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) ini dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri pada setiap tahunnya.

Adapun hasil Penilaian Inovasi Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2023 sebagai berikut:

a. Kategori dinas/badan
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Terinovatif 1)
    Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (Terinovatif 2)
    Satuan   Polisi   Pamong   Praja   dan   Pemadam    Kebakaran (Terinovatif 3)
b. Kategori kecamatan
    Kecamatan Pangkalan Kerinci (Terinovatif I)
    Kecamatan Kuala Kampar (Terinovatif II)
    Kecamatan Pangkalan Lesung (Terinovatif III)
c.  Kategori desa
    Desa Bukit Gajah (Terinovatif I)
    Desa Beringin Makmur (Terinovatif II)
    Desa Petodaan (Terinovatif III)
d. Kategori puskesmas
    Puskesmas Bandar Sei Kijang (Terinovatif I)
    Puskesmas Kerumutan (Terinovatif II)
    Puskesmas Pangkalan Lesung (Terinovatif III)
e.  Kategori SMP
    SMP Negeri Bernas (Terinovatif I)
    SMP Negeri 1 Bandar Sei Kijang (Terinovatif II)
    SMP Negeri 3 Ukui (Terinovatif III)

Pengumuman    pemenang     dan     penyerahan     piagam     penghargaan dilaksanakan  pada  hari  Rabu  9  Agustus  2023  bertempat  di Lapangan Kantor Bupati Pelalawan bersamaan dengan Apel HUT Provinsi Riau ke-66 Tahun. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati didampingi Forkopimda Kabupaten Pelalawan. Bupati berharap seluruh perangkat daerah dapat konsisten untuk berinovasi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan.
 

Kategori
:
Ekonomi dan Pembangunan
Tanda :
BALITBANGDAInovasiTeknologiOPD PelalawanBupati PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share